3 Ide Content Marketing 3 Brand pada 3 Media 

3 ide content marketing dari 3 brand 3 produk di 3 media berbeda di bagian bawah artikel ini merupakan contoh kreatifnya dunia media dan marketing. Namun sebelumnya kenali dahulu apa sih sebenarnya content marketing itu? Apa bedanya dengan iklan? 

Sederhananya, content marketing adalah alat pemasaran yang memiliki muatan untuk mengundang target pasar. 


FAQ Seputar Content Marketing

Q: Apakah content marketing sama dengan iklan?
A: Semua content marketing memiliki tujuan akhir yang sama dengan iklan, yaitu meningkatkan penjualan. Namun tak semua iklan dapat digolongkan dalam content marketing, tergantung apakah iklan tersebut sifatnya tradisional atau sudah memiliki isi, setidaknya seriap iklan memiliki level berbeda dalam membangun trust and potensi dibagikan. 

Iklan marketing tradisional sifatnya mengejar, mencari atau menjemput konsumen sedangkan content marketing sifatnya mengundang konsumen.

Perbedaan-iklan-dan-content-marketing
Image: holykaw.altop.com

Q: Apakah content marketing adalah istilah pemasaran di dunia online? 
A: Umumnya term ini digunakan pada media online, namun layar lebar dan televisi telah lama melakukannya. Untuk dunia online, juga sering disebut lengkap digital content marketing. Kelebihannya, konten dalam format digital lebih mudah dibagikan dari seseorang ke orang lain. 

Q: Mengapa digital content marketing sudah sangat dibutuhkan? 
A: Ya. Karena perubahan pola dan gaya hidup. Dahulu lalu lintas tak sepadat sekarang, dahulu anak memiliki waktu sekolah lebih pendek, dahulu tak ada internet dan sosial media dsr. Intinya dahulu orang relatif memiliki surplus waktu, sedikit hiburan dan umumnya menggunakan satu layar setiap harinya sebagai sumber informasi dan hiburan melalui tontonan yaitu televisi. 

Sekarang, waktu luang berkurang, internet dan sosial media berkembang pesat dan kita telah masuk dalam multi-screen era, dimana kebanyakan orang menggunakan lebih dari saru layar baik bergantian maupun bersamaan. Apakah gambar-gambar di bawah ini terlihat familiar? 

Ide-content-marketing-brand
Image: mobiadnews.com
Contoh-content-marketing-brand
Image: marketingsociety.com

Unless you have information worth listening or something to entertain us, might as well we use commercial break time for replying some messages or scroll newsfeed/timeline/etc. to keep up on social media or check what’s on news app! It’s break time afterall. 

Bahkan si mba asisten rumah tangga punya kegiatan lebih penting untuk dilakukan saat jeda iklan daripada mendengar anda menceritakan kehebatan anda selama 15 hingga 30 detik. Mencuci piring atau membalas LINE teman dan kerabat misalnya. 

Contoh 3 Content Marketing 3 Brand pada 3 Media 

Q: Apa contoh penggunaan atau penerapan content marketing oleh perusahaan atau brand? 

A: Berikut beberapa contoh penerapan content marketing.

  • Jaringan kedai kopi Starbucks menerapkan content marketing saat menjadi sponsor film layar lebar Sex and the City produksi Time Warner dan New Line Cinema. Jaringan kedai kopi ini fokus menerapkan content marketing dalam membenruk lifestyle.
Ide-content-marketing-starbucks
Jaringan kedai kopi Starbucks dalam film Sex and the City
  • Di tanah air, produk makeup Wardah menerapkannya saat menjadi sponsor film layar lebar Jilbab Traveller produksi MNC.
  • Contoh content marketing pada layar kaca dan digital adalah saat jaringan pusat perbelanjaan Jepang, AEON Mall, menerapkan content marketing sebagai pengantar masuknya ke Indonesia melalui seri travel program Nippon Keren Deh produksi bersama IMMG Indonesia yang tayang di stasiun televisi NET dan tayang digital di anibee.tv, media digital milik IMMG. 
content-marketing-IMMG-Indonesia
AEON Mall dalam Nippon Keren Deh I

    Q: Apakah content marketing hanya digunakan brand? 

    A: Tak hanya brand. Pemerintah daerah Yogyakarta dan Belitong, sengaja atau tidak mendapat keuntungan dari produksi film AADC 2 dan Laskar Pelangi. Apakah anda sudah ikut tour AADC? [RaNa]

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s