7 Pekerjaan di Ranah Digital Content

Digital content sedang booming dan profesi serta keahlian berkaitan dengan digital content makin dicari. Apa saja pekerjaan yang berkaitan dengan digital content? Ini contoh 7 pekerjaan dan keahlian yang wajib dimiliki. 

  • Content Writer

Content writer adalah penulis artikel untuk platform digital dalam format berita atau opini. Keahlian yang wajib dimiliki seorang content writer tentunya menulis. Kemampuan bercerita yang luwes dan mudah dimengerti menjadi salah satu syarat mutlak keberhasilan dalam profesi ini. 


Tak sekedar menulis, content writer yang kini merupakan sebutan penulis media online juga wajib mengerti search engine optimization (SEO). Biasanya anda akan diberi arahan kata kunci yang diinginkan atau minimal target pembaca. 

  • Graphic Designer 

Digital content tak lepas dari gambar-gambar menarik dan mengundang. Pengetahuan akan desain, psikologi dan komposisi warna menjadi syarat keahlian dalam kesuksesan menekuni profesi ini. 

  • Motion Graphic Designer

Sedikit berbeda dengan saudaranya, produk yang dihasilkan seorang motion graphic designer biasanya dalam format-format video.

Kemampuan membuat gambar-gambar bergerak menjadi keahlian wajib untuk menekuni profesi ini. 

  • Video Editor 

Mengedit video dengan menggunakan software-software video editing menjadi syarat kemampuan yang harus dimiliki seorang video editor. 

Kejelian memotong dan memasukkan cuplikan-cuplikan video atau stock shoots membuat video yang dihasilkan menarik dan pesan sampai pada penonton. 

  • Copywriter 

Serupa tapi tak sama dengan content writer, copywriter biasanya hanya meniliki sedikit ruang untuk bicara dan meyakinkan pembaca. 

Jika seorang copywriter juga memiliki kemampuan desain grafis atau video editing maka ia mempunyai nilai lebih. 

Pelajari bagaimana brand besar menulis copy pada gambar dan videonya. Apa yang ingin disampaikan dalam sedikit kata-kata adalah keteranpilan yang dapat diasah. 

  • Buzzer 

Istilah ini adalah untuk mereka yang bertugas membagi konten melalui media sosial. Pelajari optimalisasi berbagai platform sosial media untuk kesuksesan buzzing anda. 

Perhatikan juga waktu-waktu dimana sebagian besar audiens konten ada di sosial media. Selain itu tiap media sosial memiliki ciri, karakter dan/ atau kebiasaan yang berbeda sehingga mengenal dan menguasainya akan sangat membantu kesuksesan pekerjaan ini. 

  • Chief Content Officer 

Last but not least adalah Chief Content yang wajib setidaknya mengenal dan mengerti bagaimana melakukan dan menjalankan semua pekerjaan yang berkaitan dengan digital content. 

Posisi managerial profesi Chief Content ini juga mewajibkan mereka mampu menentukan target audiens, membuat strategi digital content dan membuat laporan hasil kerja tim yang penting bagi perusahaan atau pemberi kerja. 


Kemampuan membuat laporan berdasarkan data mewajibkan Chief Content mampu menggunakan dan menganalisa data pada platform-platform analytics. 

Membuat budget dan mengkalkulasi ROI juga bagian dari barisan kemampuan yang wajib dimiliki seorang Chief Content Officer. 

7 pekerjaan pada ranah digital diatas dapat dilakukan secara lepas atau bekerja freelance kecuali Chief Content Officer yang umumnya wajib bekerja sebagai karyawan. 

Pekerjaan-digital-content
Fakta: seluruh pekerjaan dibidang digital membutuhkan kreatifitas untuk menemukan ide-ide segar.

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s