Prediksi Trend Media Beriklan 2018 – Televisi 

Prediksi trend media beriklan pada 2018 semakin menunjukkan arah dan bentuknya memasuki kuartal ketiga 2017, terutama di tanah air. 4 medium beriklan yang menjadi perhatian kali ini adalah televisi nasional, media cetak, media digital dan billboard ruang luar. 

Ke-empat medium beriklan tersebut akan menjadi seri tulisan kali ini diawali overview dan prediksi media televisi sebagai medium beriklan.

Media Beriklan Televisi Nasional

 

Sejak lebih dari 6 dekade lalu media televisi secara perlahan merajai dunia periklanan Indonesia ditandai hadirnya iklan di saluran televisi milik negeri, TVRI. 

Hal ini tak lepas dari kemampuan media televisi nasional menjamah target pasar hingga  ke pelosok negeri. 

Namun popularitas televisi nasional mulai terusik ketika televisi satelit dan kabel menjamah Indonesia, meski masih pada pasar terbatas. 

Memasuki era digital, posisi media televisi nasional sebagai medium beriklan paling efektif semakin terancam meski ancaman terbesar baru mulai terasa sejak smartphone asal negeri Cina yang mampu menawarkan harga terjangkau bagi pasar menengah ke bawah mulai membanjiri Indonesia. 

Seiring dengan banjirnya smartphone ‘murah’, pemerintah Indonesia menyadari bahwa rakyat perlahan telah menjadi masyarakat digital dan kebutuhan akan kualitas sambungan internet yang memadai, maka proyek fiber optic yang menjanjikan koneksi internet berkualitas baik hingga ke pelosok negeri pun berpacu untuk selesai secepatnya. 

prediksi-model-advertising-indonesia-2018
image: CNN
 
Mengantisipasi hal-hal tersebut, stasiun-stasiun televisi pun mengembangkan divisi digital-nya demi menyesuaikan perkembangan zaman dan cara konsumsi iklan oleh target konsumen yang terus berubah dengan cepat. 

prediksi-tren-beriklan-2018
Image: directresponse.au
 
Perubahan-perubahan ini tentu bukan berita sejuk untuk bisnis periklanan televisi nasional karena perubahan membutuhkan penyesuaian yang cepat baik dari segi teknologi maupun sumber daya manusia. 

Begitupun televisi masih menjadi media paling laris manis untuk beriklan hingga tulisan ini dibuat. 

Selain belum efektifnya beriklan online, para pengambil keputusan pada sebagian brand dan agensi periklanan masih banyak yang belum siap menerima perubahan dan sebagian lain masih terus mempelajari bagaimana mengelola dan memaksimalkan dampak iklan pada media online. 

Prediksi 2018

Melihat perkembangan saat ini, dipastikan seluruh televisi nasional saat ini atau seluruh yang mampu bertahan akan hadir di dunia digital atau memiliki versi online. Tak sekedar online, dipastikan stasiun-stasiun televisi akan hadir dengan aplikasi selulernya masing-masing. 

Mempertimbangkan karakter pasar digital yang tak mau dan tak memiliki waktu panjang untuk menikmati iklan, maka bentuk iklan televisi online pada 2018 diprediksi akan didominasi iklan loose spot berdurasi sekitar 3-5 detik, overlay atau iklan built-in. 

Dari ketiganya iklan built-in pada tayangan online diprediksi menjadi yang paling efektif. 

Model iklan loose spot model televisi konvensional yang berdurasi 15 dan 30 detik, diprediksi tak dapat diterapkan pada model beriklan televisi online.

Sedangkan televisi nasional konvensional diprediksi masih tetap bertahan dengan pricing strategy yang tepat dan program yang kreatif serta mampu mengintegrasi dua dunia. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s